Kenapa Terdapat Sisa Partisi Unallocated Pada Drive Kita?

Peringatan ketika akan extend disk menggunakan sisa unallocated.

Pada saat saya sedang melakukan install ulang laptop, saya berinisiatif untuk menghapus beberapa partisi yang terbagi di harddisk dan ssd saya menjadi hanya satu partisi. Kemudian ada sisa satu partisi yang tidak bisa saya extend ke partisi utama sebesar 16MB. Ketika akan digabungkan, muncul peringatan.

“The operation you selected will convert the selected basic disk(s) to dynamic disk(s). If you convert the disk(s) to dynamic, you will not be able to start installed operation systems from any volume on the disk(s) (except the current boot volume). Are you sure you want to continue?”

Setelah saya telusuri, ternyata masalah tersebut sering muncul pada laptop merk HP dan terlepas dari itu Windows memang mengaturnya demikian karena sedikit ruang buffer yang belum dialokasikan dibutuhkan ketika akan mengkonvert disk basic ke dynamic. Tanpa ruang kosong itu, proses konversi akan gagal.

Jadi jika ada ruang tersisa pada harddisk, besar kemungkinan itu adalah ruang yang dibutuhkan untuk mengkonversi disk. Kamu biarkan saja ruang tersebut kosong.

Leave a Reply