Redirect Antar Domain Hanya Dengan Menggunakan DNS

Redirect menggunakan DNS.

Perlu kita ketahui, menggunakan fungsi redirect akan sangat mudah apabila kita memiliki web hosting, kita bisa mengaturnya menggunakan sistem “redirect 301” dengan cara mengubah file .htaccess, menggunakan plugin, atau memanfaatkan perintah PHP.

Namun di sini saya akan membahas cara redirect dari web A ke B dengan skenario yang berbeda, yaitu ketika kita tidak memiliki web hosting dan hanya bisa memodifikasi atau menambah entri DNS.

Meskipun terdengar tidak mungkin karena DNS adalah sistem resolusi nama domain dan tidak tahu apa-apa tentang HTTP sehingga DNS tidak dapat bertindak seperti pengalihan HTTP dengan cara apa pun, tetapi ada beberapa cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan sebuah project open source yang bernama redirect.center.

Menggunakan redirect.center

Tambahkan A record dengan nama @ dan value 54.84.55.102 kemudian tambahkan juga CNAME record dengan nama redirect dan value example.com.redirect.center sehingga akan terlihat seperti ini.

Sangat simpel bukan? Selain itu kamu juga bisa mengarahkan dari path ke domain lain, atau dari subdomain ke domain lain. Untuk lebih lengkapnya langsung saja kunjungi penyedianya, redirect.center.

Menggunakan Cloudflare

Hal pertama yang kamu perlukan adalah menambahkan A record dengan nama @, www, dan subdomain lain yang ingin kamu alihkan dan aktifkan fitur proxy Cloudflare kemudian isi value ke 192.0.2.1 sehingga akan terlihat seperti ini.

Langkah kedua adalah menambahkan page rule yang akan melakukan pengalihan. Kamu harus menambahkannya seperti ini.

Kemudian simpan dan coba akses website kamu, jika mengikuti tutorial diatas, seharusnya kamu akan langsung diredirect ke domain B setelah membukanya.

Tadi adalah cara untuk meredirect antar domain hanya dengan menggunakan DNS.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar, terima kasih.

Leave a Reply